Jumat, 29 April 2011

Makro

PERUSAHAAN ROKOK LOKAL GANDENG PERUSAHAAN BESAR
Meskipun petani tembakau saat ini banyak tidak menghasilkan tembakau, namun tidak berpengaruh pada perkembangan perusahaan rokok kecil dan menengah yang ada di Sumenep. Terbukti, sejumlah perusahaan rokok lokal tersebut tetap berproduksi seperti biasanya.

Seperti halnya yang diakui salah satu pemilik Perusahaan Rokok CV. Aspeks Desa Kasengan Kecamatan Manding, Sutrisno. Menurutnya, sejak bersatunya sejumlah perusahaan rokok di Sumenep, tidak sampai terjadi gulung tikar maupun macet. Sebab, persatuan sejumlah perusahaan rokok di Sumenep cukup bagus dan tetap menjalin kemitraan dengan perusahaan besar.

“Syukurlah, meskipun sebagian teman-teman para pengusaha biasanya ketika terjadi kelangkaan bahan baku mulai kebingungan dan tidak bisa memproduksi, namun kali ini sudah tidak terjadi lagi,”ujar Sekretaris Asosiasi Perusahaan Rokok Sumenep (ASPERSU) ini.

Menurutnya, selama ini beberapa perusahaan rokok kecil dan menengah memilih membentuk lembaga maupun asosiasi, sehingga keberadaannya tetap solid. Salah satu upaya yang dilakukan, yakni menjalin kemitraan dengan perusahaan-perusahaan rokok berskala besar.

Jadi, ketika perusahaan yang tergabung dengan asosiasi mengalami kesulitan bahan baku dan sebagainya. Melalui kerjasama yang dijalin bisa saling memberikan kontribusi dan saling bantu. Meskipun dalam pemasarannya tetap tergantung masing-masing perusahaan.

Bahkan, tegas Sutrisno, pihaknya terus berupaya mengembangkan usahanya dengan mendirikan anak perusahaan di beberapa Kecamatan. Sebab, selama ini perusahaannya sudah banyak mendidik para tenaga profesional yang dilaksanakan melalui program pelatihan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumenep setiap tahun.

“Melalui asosiasi banyak yang kami peroleh, baik dari sisi kematangan sebuah perusahaan maupun bentuk usaha lain yang bisa kami jadikan anak perusahaan, seperti mendirikan Toko Serba Ada (Toserba) dan sebagainya,”pungkasnya. ( Ren, Esha )

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More