Jumat, 29 April 2011

Mikro

PELAKU USAHA KECIL
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu untuk memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas pada masyarakat.

Bahkan mampu berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, serta keberadannya juga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional.

Hal itu diungkapkan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep, Ir. H. Djasmo, M.Si saat membuka Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka memperingati Hari Hadi Ke 65 Propinsi Jawa Timur, di pelataran parkir lapangan Giling Kecamatan Kota Sumenep, Selasa (12/10).

H. Djasmo menyatakan, untuk mengatasi perekonomian bangsa Indonesia, pengembangan UMKM dihadapkan pada upaya mengatasi 2 persoalan pokok, yakni menjadikan UMKM sebagai sektor yang kompetitif untuk orentasi eksport, dan sebagai upaya menciptakan lapangan kerja untuk menanggulagi masalah kemiskinan.

”Dengan adanya target itu, tentu saja UMKM mempunyai tanggung jawab yang besar, sehingga UMKM dituntut untuk mengetahui sararan dan mempunyai kebijakan yang sesuai, agar keberadaannya mampu mewujudkan harapan,”tegasnya.

H. Djasmo menyatakan, sebagai salah satu pilar utama perekonomian bangsa, sudah selayaknya pihak-pihak terkait harus memberikan dukungan penuh pada UMKM dan menciptakan iklim yang kondusif, demi kemjauan perkembangannya.

Sebab, UMKM bisa tumbuh dan berkembang dengan baik, apabila situasi dan kondisi masyarakat aman dan kondusif, karenanya perlu dioptimalkan berbagai hal mulai dari persiapan SDM, penciptaan usaha yang kondusif, penataan sistem kerja, pemanfaatan teknologi hingga kemampuan dalam menjalankan produksi.

”Hal ini sangat penting, mengingat UMKM menjadi bagian intergral dalam sistem perekonomian tanah air,”ungkapnya.

Sementara itu pelakasnaan Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 65 Propinsi Jawa Timur di pelataran parkir lapangan Giling Kecamatan Kota Sumenep itu berlangsung sejak tanggal 12 hingga 14 Oktober 2010.( Yasik, Esha )

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More