Jumat, 29 April 2011

Media

Dari 4 Kabupaten di Madura, Kabupaten Sumenep mendapat kepercayaan dari pemerintah Pusat melalui Badan Informasi Publik (BIP) Departemen Komunikasi dan Informatika (Depkominfo) Republik Indonesia, untuk mengembangkan pembangunan Teknologi Informasi (TI) ditengah-tengah masyarakat, dengan sarana Media Center.

Menurut Kepala Badan Informasi Publik, Dr. Suprawoto, SH, M.Si, pengembangan TI melalui sarana Media Center bertujuan untuk merajut kembali komunikasi dan informasi antara daerah dan pemerintah pusat, maupun antara masyarakat dan pemerintah yang sempat terputus oleh gelombang arus reformasi, sehingga semua kebijakan yang dihasilkan untuk kepentingan masyarakat, tidak sempat direspon secara positif oleh masyarakat.

“Karena gelombang arus reformasi yang terjadi saat ini, semua kebijakan yang dihasilkan pemerintah tidak secara langsung direspon secara positif oleh masyarakat,”tegas Suprawoto ketika membuka acara Pelatihan Penguatan Sarana Media Center Untuk Daerah se Indonesia, Kamis kemarin (11/06) di Hotel IBIS Kemayoran, Jakarta Pusat.
Dikatakan pula, untuk membangun kesadaran masyarakat tersebut perlu adanya solusi terbaik, dengan mencoba mencari akar penyebabnya, dan yang terpenting adalah bagaimana diantara daerah lainnya di Indonesia ini saling mengetahui programnya masing-masing untuk disampaikan kepada masyarakat melalui sarana Media Center.

Sementara itu, Kabupaten Sumenep yang telah memiliki sarana internet dan News Room sejak tahun 2004 lalu, rupanya mulai dilirik dan diperhatikan oleh pemerintah pusat melalui BIP Depkominfo dengan bantuan hibah berupa 5 unit perangkat keras (hardware) peralatan sarana Media Center 2009 berikut jaringannya (UTP).

Menurut Eko Suhartono Hadie yang dikirim bersama Ainur Rachman mewakili Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumenep untuk mengikuti pelatihan Penguatan Sarana Media Center Untuk Daerah, Kabupaten Sumenep yang merupakan salah satu Kabupaten di Madura telah siap untuk mengoperasionalkan Media Center tersebut sekitar bulan Juli 2009 mendatang. Namun sebelumnya, Tim Teknis dari PT. Karya Tajur Tangsi sebagai pihak rekanan pengadaan sarana Media Center dan dari BIP yang akan melakukan cek lokasi ke daerah.

Pelaksanaan Pelatihan Penguatan Sarana Media Center ini berlangsung sejak 11 hingga 13 Juni 2009 dengan materi Pembahasan Perangkat Media Center, Pelatihan Dasar Jurnalistik, Aplikasi Web dan Internet, serta Latihan Pemasangan Perangkat Media Center. ( Esha )

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More